Pelyanan Pada PT. Garuda Indonesia
A.
Latar Belakang
Menjadi salah
satu maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia, PT.Garuda Indonesia mengudara pertama kali pada tahun 1940-an di
era pendudukan Belanda. 26 Januari 1949 dengan pesawat pertamanya (bernama Seulawah
atau Gunung Emas), PT. Garuda Indonesia masih bernama Indonesian Airways. Semua
ini bermula dari hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Koninklijke
Luchtvaart Maatschappij (KLM) yang merupakan masakapai penerbangan asal negri
Kincir Angin. Dimana pada tahun 1953 seluruh sahamnya berhasil dimiliki oleh
indonesia dan di tahun yang sama sudah berhasil memiliki 27 pesawat serta banyak
staf profesional
Garuda Indonesia
menjadi salah satu maskapai yang paling banyak dipilih oleh rakyat Indonesia. Karena
banyak menawarkan promo dan pelayanan yang cukup memanjakan para customernya. Tidak
hanya itu Garuda Indonesia juga meiliki armada dan staff unggulan yang mendukung
dalam memberikan kenyamanan bagi para customernya.
Hingga maret
2022, Garuda Indonesia Melayani dengan lebih dari 100 armada dari berbagai
jenis. Selain itu Garuda Indonesia juga melayani tidak hanya rute penerbangan
dalam negri tapi juga internasional. untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan apa
saja peyanan yang disediakan oleh PT Garuda Indonesia
B.
Pembahasan
Garuda Indonesia merupakan
peusahaan penyedia jasa yang fokus utamanya (Core Service) adalah
menyediakan jasa transportasi udara dengan rute dan jangkauan lebih dari 69
destinasi lokal dan 22 destinasi internasional.
Namun dengan
perkembangannya garuda Indonesia jug amenyediakan berbagai pelayanan yang
sekiranya dapat lebih membantu memenuhi kebutuhan dan keinginan para
customernya. Contoh halnya ialah Facilitating service yang
disediakan cukup beragam dan tentunya samat amat membantu untuk meningkatkan
kenyamanan pelayanan. Contoh facilitating
service yang disediakan adalah
1.
Contact Center
Sebagai tempat memberikan kemudahan kepada para penumpang untuk mendapatkan
info berbagai layanan tambahan yang
diperlukan
2.
Sweet Escape
Cutomer dapat menggunakan jasa untuk mengabadikan momen berharga dalam
perjalanannya melalui layanan fotografi dari fotografer terbaik melalui kolaborasi
antara Garuda indonesia dan SweetEscape
3.
Fly Garuda
Aplikasi resmi dari pihak Garuda Indonesia ini menyediakan berbagai
kemudahan bagi para customernya untuk mendapatkan info tentang pelayanan
tambahan maupun info tentang jadwa penerbangan. Contohnya customer dapat
memesan tiket dari aplikasi ini. tidak hanya itu, customer juga dapat memesan
layanan taksi untuk kebutuhan perjalanan dari/ke bandara maupun kebutuhan
pengantaran atau penjemputan dibeberapa bandara yang ada di indonesia. Fly
Garuda juga menyediakan layanan pemesanan hotel
4.
Garuda Shop
menawarkan beragam pilihan produk menarik di mulai dari produk eksklusif
berlogo Garuda Indonesia, produk kosmetik dan kecantikan, koleksi parfum,
fesyen, produk kesehatan, mainan anak, produk UMKM Bangga Buatan Indonesia,
serta barang-barang elektronik hingga barang-barang premium branded lainnya.
5.
Layanan Penerbangan Anak-anak tanpa Pendamping
layanan ini merupakan layanan yang
didedikasikan bagi anak-anak yang bepergian tanpa pendamping. Bertujuan untuk
menyediakan pengalaman penerbangan yang aman dan nyaman bagi penumpang dibawah
umur, Garuda Indonesia menganjurkan Layanan Anak-anak tanpa pendamping sebagai
sebuah kewajiban. Anak-anak tanpa pendamping adalah penumpang berusia dibawah
12 tahun yang bepergian sendiri tanpa orang dewasa (berusia 18 tahun ke atas).
6.
Prioritas Untuk transaksi kelebihan bagasi
Memberikan kenmudahan bagi para customer yang membawa barang bagasi
melebihi batas standar kapasitas bagasi
7.
Garuda Priority Service
Layanan dimana customer dapat mendapatkan pelayanan ekstra dari pada
pelayana biasanya
8.
Layanan Business Meeting dan VIP Room
Memeberikan Kenyamanan bagi para customer untuk menikmati ruang runggu
sebelum jadwal keberangkatan
9.
Pemilihan kursi
Customer dapat memilih kursi yang ingin ditempati sesuai dengan keinginan
nya sendiri
10.
BIDUPGRADE
Customer dapat meraih kesempatan pindah dari economy class atau dari business
class ke first class sesuai dengan penawaran dan kesepakatan
11.
Rental Mobil dan layanan antar dari bandara
Customer
dapat menikmati kebebasan berkeliling di destinasi favoritnya dengan menyewa
mobil atau pengemudi khusus yang akan menjemputnya
Dan masih banyak
layanan tambahan yang ditawarkan Garuda Indonesia kepada para customernya demi
memberikan kenyamanan dan layanan yang maksimal bagi kenyamanan perjalanan
customer. Tidak hanya itu saja, Garuda Indonesia Juga menyediakan Supporting
service atau pelayanan tambahan (pendukung) untuk meningkatkan nilai
pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya.
Konsep layanan
Garuda indonesia menyajikan aspek-aspek terbaik dari indonesia kepada para
penumpangnya. Sejak dari reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan,
para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang
menjadi ciri khas dari keramahtamahan negara Indonesia.
Dengan pengenalan
konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia menciptakan ciri khas yang
membanggakan, sekaligus meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional.
Konsep Garuda Indonesia Experience didasarkan pada pancaindra atau “5 senses”
(sight, sound, scent, taste, dan touch) dan mencakup 24 “customer touch
points”; mulai dari pelayanan pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight
dan post-journey.
Sight
Indonesia menawarkan
berbagai keindahan untuk para pengunjung, termasuk beragam tekstil tradisional
yang menyajikan warna cerah, pola indah, serta tekstur unik.Desain interior
yang baru di kabin pesawat Garuda Indonesia memadukan warna-warna alami dan
motif tradisional Indonesia yang indah dipandang mata, bersama dengan
kenyamanan dan kemudahan perangkat hiburan di dalam pesawat yang modern
Sound
Musik dan alat
musik tradisional Indonesia adalah cerminan beragam kelompok etnis dan budaya
yang hidup damai berdampingan di Nusantara yang luas. Para penumpang dapat menikmati kecanggihan perangkat hiburan
di dalam pesawat, yang tersedia di penerbangan Business Class maupun Economy
Class. Perangkat mutakhir Audio and Video On Demand (AVOD) menawarkan berbagai
pilihan untuk menikmati film, siaran TV, video game, serta musik, termasuk
musik tradisional dan kontemporer Indonesia.
Scent
Beragam kelopak
bunga dan tumbuhan beraroma telah digunakan di Indonesia sejak zaman dahulu.
Kini, konsep serupa dipakai untuk aromaterapi dan spa modern.
Teste
Selama
berabad-abad, Indonesia dikenal sebagai negeri rempah-rempah dan surga
buah-buahan tropis. Terletak di persimpangan jalur perdagangan peradaban kuno,
Indonesia telah menyerap pengaruh seni kuliner berbagai negeri, yang kini
menyatu dalam cita-rasa makanan tradisional Indonesia yang mengundang selera.
Cita-rasa dan pengalaman khas Indonesia terwujud dalam makanan yang disajikan
dengan iringan senyum awak kabin selama penerbangan. Kami merekomendasikan
sajian makanan dan minuman khas Garuda Indonesia seperti nasi kuning dan jus
martebe, racikan buah markisa dan terung belanda.
Touch
Keramahtamahan
khas Indonesia telah cukup dikenal, dan menjadikan negara kepulauan ini salah
satu tujuan favorit di dunia. Berbagai tarian tradisional Indonesia pun
menyajikan ucapan selamat datang, sekaligus memberi sentuhan keramahtamahan
khas Indonesia.
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan
aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat
reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan
dimanjakan oleh layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan
Indonesia, dan disimbolkan oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
Di samping
melibatkan panca indra, konsep Garuda Indonesia Experience juga harus memiliki
nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat waktu dan aman (tentang produk), cepat
dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman (tentang bangunan) serta andal,
profesional, kompeten dan siap membantu (tentang staf). Konsep ini diterima
dengan baik oleh pelanggan Garuda Indonesia.
C.
Penutup
Garuda Indonesia
telah menjadi salah satu maskapai kebanggan Indonesia. Bukan karena
pelayanannya yang mencakup banyak armada dan banyak rute perjalanan, tapi juga
termasuk pelayanannya yang juga dikenal bersaing dengan masakapai dari berbagai
negara. Dengan menjadikan nilai-nilai yang berhubungan dengan Indonesia dalam
pelayanannya menjadikan garuda Indonesia Memang identik dengan nuansa dari
negara asalnya
Dalam pelayanannya
tentu saja Garuda Indonesia sudah memberikan dan emngusahakan pelyanan sebaik
dan semaksimal mungkin kepada para pelanggannya. Namun tidak salah bila mana
Garuda Indonesia mau untuk kembali mencari inovasi baru dalam pengembangan
pelayanan kepada para customernya agar dapat meningkatkat value dan kenyamanan
customer sehingga Garuda Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan hanya dimata
customer dalam negri, tapi juga dari dunia internasional
https://www.merdeka.com/garuda-indonesia/profil/#:~:text=Pada%20awalnya%20Garuda%20Indonesia%20merupakan,memiliki%2027%20pesawat%20berserta%20staf%2D
https://id.wikipedia.org/wiki/Armada_Pesawat_Garuda_Indonesia
https://www.garuda-indonesia.com/
Komentar
Posting Komentar