Pelyanan Pada PT. Garuda Indonesia

A.      Latar Belakang

Menjadi salah satu maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia, PT.Garuda Indonesia  mengudara pertama kali pada tahun 1940-an di era pendudukan Belanda. 26 Januari 1949 dengan pesawat pertamanya (bernama Seulawah atau Gunung Emas), PT. Garuda Indonesia masih bernama Indonesian Airways. Semua ini bermula dari hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM) yang merupakan masakapai penerbangan asal negri Kincir Angin. Dimana pada tahun 1953 seluruh sahamnya berhasil dimiliki oleh indonesia dan di tahun yang sama sudah berhasil memiliki 27 pesawat serta banyak staf profesional

Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai yang paling banyak dipilih oleh rakyat Indonesia. Karena banyak menawarkan promo dan pelayanan yang cukup memanjakan para customernya. Tidak hanya itu Garuda Indonesia juga meiliki armada dan staff unggulan yang mendukung dalam memberikan kenyamanan bagi para customernya.

Hingga maret 2022, Garuda Indonesia Melayani dengan lebih dari 100 armada dari berbagai jenis. Selain itu Garuda Indonesia juga melayani tidak hanya rute penerbangan dalam negri tapi juga internasional. untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan apa saja peyanan yang disediakan oleh PT Garuda Indonesia

B.      Pembahasan

Garuda Indonesia merupakan peusahaan penyedia jasa yang fokus utamanya (Core Service) adalah menyediakan jasa transportasi udara dengan rute dan jangkauan lebih dari 69 destinasi lokal dan 22 destinasi internasional.

Namun dengan perkembangannya garuda Indonesia jug amenyediakan berbagai pelayanan yang sekiranya dapat lebih membantu memenuhi kebutuhan dan keinginan para customernya. Contoh halnya ialah Facilitating service yang disediakan cukup beragam dan tentunya samat amat membantu untuk meningkatkan kenyamanan pelayanan.  Contoh facilitating service yang disediakan adalah

1.       Contact Center

Sebagai tempat memberikan kemudahan kepada para penumpang untuk mendapatkan info  berbagai layanan tambahan yang diperlukan

2.       Sweet Escape

Cutomer dapat menggunakan jasa untuk mengabadikan momen berharga dalam perjalanannya melalui layanan fotografi dari fotografer terbaik melalui kolaborasi antara Garuda indonesia dan SweetEscape

3.       Fly Garuda

Aplikasi resmi dari pihak Garuda Indonesia ini menyediakan berbagai kemudahan bagi para customernya untuk mendapatkan info tentang pelayanan tambahan maupun info tentang jadwa penerbangan. Contohnya customer dapat memesan tiket dari aplikasi ini. tidak hanya itu, customer juga dapat memesan layanan taksi untuk kebutuhan perjalanan dari/ke bandara maupun kebutuhan pengantaran atau penjemputan dibeberapa bandara yang ada di indonesia. Fly Garuda juga menyediakan layanan pemesanan hotel

4.       Garuda Shop

menawarkan beragam pilihan produk menarik di mulai dari produk eksklusif berlogo Garuda Indonesia, produk kosmetik dan kecantikan, koleksi parfum, fesyen, produk kesehatan, mainan anak, produk UMKM Bangga Buatan Indonesia, serta barang-barang elektronik hingga barang-barang premium branded lainnya.

5.       Layanan Penerbangan Anak-anak tanpa Pendamping

layanan ini  merupakan layanan yang didedikasikan bagi anak-anak yang bepergian tanpa pendamping. Bertujuan untuk menyediakan pengalaman penerbangan yang aman dan nyaman bagi penumpang dibawah umur, Garuda Indonesia menganjurkan Layanan Anak-anak tanpa pendamping sebagai sebuah kewajiban. Anak-anak tanpa pendamping adalah penumpang berusia dibawah 12 tahun yang bepergian sendiri tanpa orang dewasa (berusia 18 tahun ke atas).

6.       Prioritas Untuk transaksi kelebihan bagasi

Memberikan kenmudahan bagi para customer yang membawa barang bagasi melebihi batas standar kapasitas bagasi

7.       Garuda Priority Service

Layanan dimana customer dapat mendapatkan pelayanan ekstra dari pada pelayana  biasanya

8.       Layanan Business Meeting dan VIP Room

Memeberikan Kenyamanan bagi para customer untuk menikmati ruang runggu sebelum jadwal keberangkatan

9.       Pemilihan kursi

Customer dapat memilih kursi yang ingin ditempati sesuai dengan keinginan nya sendiri

10.   BIDUPGRADE

Customer dapat meraih kesempatan pindah dari economy class atau dari business class ke first class sesuai dengan penawaran dan kesepakatan

11.   Rental Mobil dan layanan antar dari bandara

Customer dapat menikmati kebebasan berkeliling di destinasi favoritnya dengan menyewa mobil atau pengemudi khusus yang akan menjemputnya

Dan masih banyak layanan tambahan yang ditawarkan Garuda Indonesia kepada para customernya demi memberikan kenyamanan dan layanan yang maksimal bagi kenyamanan perjalanan customer. Tidak hanya itu saja, Garuda Indonesia Juga menyediakan Supporting service atau pelayanan tambahan (pendukung) untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya.

Konsep layanan Garuda indonesia menyajikan aspek-aspek terbaik dari indonesia kepada para penumpangnya. Sejak dari reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri khas dari keramahtamahan negara Indonesia.

Dengan pengenalan konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia menciptakan ciri khas yang membanggakan, sekaligus meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional. Konsep Garuda Indonesia Experience didasarkan pada pancaindra atau “5 senses” (sight, sound, scent, taste, dan touch) dan mencakup 24 “customer touch points”; mulai dari pelayanan pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight dan post-journey.

Sight

Indonesia menawarkan berbagai keindahan untuk para pengunjung, termasuk beragam tekstil tradisional yang menyajikan warna cerah, pola indah, serta tekstur unik.Desain interior yang baru di kabin pesawat Garuda Indonesia memadukan warna-warna alami dan motif tradisional Indonesia yang indah dipandang mata, bersama dengan kenyamanan dan kemudahan perangkat hiburan di dalam pesawat yang modern

Sound

Musik dan alat musik tradisional Indonesia adalah cerminan beragam kelompok etnis dan budaya yang hidup damai berdampingan di Nusantara yang luas. Para penumpang  dapat menikmati kecanggihan perangkat hiburan di dalam pesawat, yang tersedia di penerbangan Business Class maupun Economy Class. Perangkat mutakhir Audio and Video On Demand (AVOD) menawarkan berbagai pilihan untuk menikmati film, siaran TV, video game, serta musik, termasuk musik tradisional dan kontemporer Indonesia.

Scent

Beragam kelopak bunga dan tumbuhan beraroma telah digunakan di Indonesia sejak zaman dahulu. Kini, konsep serupa dipakai untuk aromaterapi dan spa modern.

Teste

Selama berabad-abad, Indonesia dikenal sebagai negeri rempah-rempah dan surga buah-buahan tropis. Terletak di persimpangan jalur perdagangan peradaban kuno, Indonesia telah menyerap pengaruh seni kuliner berbagai negeri, yang kini menyatu dalam cita-rasa makanan tradisional Indonesia yang mengundang selera.
Cita-rasa dan pengalaman khas Indonesia terwujud dalam makanan yang disajikan dengan iringan senyum awak kabin selama penerbangan. Kami merekomendasikan sajian makanan dan minuman khas Garuda Indonesia seperti nasi kuning dan jus martebe, racikan buah markisa dan terung belanda.

Touch

Keramahtamahan khas Indonesia telah cukup dikenal, dan menjadikan negara kepulauan ini salah satu tujuan favorit di dunia. Berbagai tarian tradisional Indonesia pun menyajikan ucapan selamat datang, sekaligus memberi sentuhan keramahtamahan khas Indonesia.
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, dan disimbolkan oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.

 

Di samping melibatkan panca indra, konsep Garuda Indonesia Experience juga harus memiliki nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat waktu dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman (tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu (tentang staf). Konsep ini diterima dengan baik oleh pelanggan Garuda Indonesia.

C.      Penutup

Garuda Indonesia telah menjadi salah satu maskapai kebanggan Indonesia. Bukan karena pelayanannya yang mencakup banyak armada dan banyak rute perjalanan, tapi juga termasuk pelayanannya yang juga dikenal bersaing dengan masakapai dari berbagai negara. Dengan menjadikan nilai-nilai yang berhubungan dengan Indonesia dalam pelayanannya menjadikan garuda Indonesia Memang identik dengan nuansa dari negara asalnya

Dalam pelayanannya tentu saja Garuda Indonesia sudah memberikan dan emngusahakan pelyanan sebaik dan semaksimal mungkin kepada para pelanggannya. Namun tidak salah bila mana Garuda Indonesia mau untuk kembali mencari inovasi baru dalam pengembangan pelayanan kepada para customernya agar dapat meningkatkat value dan kenyamanan customer sehingga Garuda Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan hanya dimata customer dalam negri, tapi juga dari dunia internasional

 

 

 

https://www.merdeka.com/garuda-indonesia/profil/#:~:text=Pada%20awalnya%20Garuda%20Indonesia%20merupakan,memiliki%2027%20pesawat%20berserta%20staf%2D
https://id.wikipedia.org/wiki/Armada_Pesawat_Garuda_Indonesia
https://www.garuda-indonesia.com/


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Dasar Sistem Operasi UNIX

Langkah Penerapan McDonald's Untuk Meningkatkan Pelayanan Sesuai dengan ISO 9001