Tugas Pengantar Teknologi Sistem Informasi 1A T4
MINGGU X, XI
1 ARSITEKTUR KOMPUTER
Dalam bidang
teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Arsitektur
komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1.
Set
instruksi (ISA)
2.
Arsitektur
mikro dari ISA, dan
3.
Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
A.
Arsitektur Sistem Komputer
Gaya kontruksi dan organisasi dari bagian-bagian (komponen) system komputer
merupakan “arsitektur”-nya. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada
hakekatnya
sama atau hampir semuanya digital, namun terdapat variasi dalam
konstruksinya yang
mereflesikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Ada sejumlah tingkatan dalam arsitektur komputer, diataranya adalah
software dan
hardware. Software bertempat di atas hardware, menggunakannya dan
mengontrolnya.
Hardware mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang
diperlukan software.
Berikut ini adalah gambaran dari “multilayered machine” yang terdiri dari
beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
•
Layer perangkat fisik, merupakan layer komponen elektrik dan elektronik.
• Layer logika digital, merupakan layer yang berisi semua operasi mesin
yang
paling dasar.
• Layer microprogrammed, merupakan layer yang menginterprestasikan
instruksi
bahasan mesin.
• Layer mesin, adalah tingkat yang paling bawah dimana program dapat
dituliskan
dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan
secara
langsung oleh hardware.
• Layer system operasi, layer yang mengatur atau mengontrol cara yang
dilakukan
oleh software dalam menggunakan hardware yang tersedia.
• Layer software urutan teratas, yaitu mencakup semua bahasa mesin yang
memerlukan penerjemahan ke dalam bahasa selain bahasa mesin yang
memerlukan penerjemahan ke kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan.
• Layer aplikasi, yaitu bahasa komputer yang dilihat seperi end-user.
Organisasi fisik komputer
Salah satu metode yang digunakan untuk mengkoneksikan satu komponen dengan
komponen yang lain adalah dengan menggunakan “buses”. Bus adalah kumpulan
konduktor-konduktor elektris paralel yang yang disebut “line”.
A.
Pengantar Central
a)
Processing
Unit (CPU), Unit Pengolahan dan Arithmatical Logical Unit (ALU)
-
CPU (Processing Unit) merupakan komponen terpenting dari sistem
komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi — instruksi yang
diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali
(control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central
Processing Unit dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri. Sebuah
komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang
terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk
mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya
masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk
suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang
berukuran kecil yang disebut register. Terdapat empat komponen utama penyusun
CPU, yaitu:
a.
Arithmetic
and Logic Unit (ALU)
b.
Control
Unit
c.
Registers
d.
CPU
Interconnections
-
ALU (Arithmathic and Logic Unit) adalah
bagian dari CPU yang bertanggung jawab dalam proses komputasi dan proses
logika. ALU mendapatkan data (operand, operator, dan instruksi) yang akan
disimpan dalam register. Kemudian data tersebut diolah dengan aturan dan sistem
tertentu berdasarkan perintah control unit. Setelah proses ALU dikerjakan,
output akan disimpan dalam register yang dapat berupa sebuah data atau sebuah
instruksi.
Selain itu, bentuk output yang
dihasilkan oleh ALU berupa flag signal. ALU akan bekerja setelah mendapat
perintah dari Control Unit yang terletak pada processor. Control Unit akan
memberi perintah sesuai dengan komando yang tertulis(terdapat) pada register.
Selain register, ALU pun
mengeluarkan suatu flag yang berfungsi untuk memberi tahu kepada kita tentang
kondisi suatu processor seperti apakah processor mengalami over flow atau
tidak. Tujuan ALU adalahmelakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan
instruksi program.
B.
Operasi Pada ALU
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmetika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Contoh operasi aritmetika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.
Operator logika yang dipakai pada ALU adalah sebagai berikut :
a.
sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f.
lebih besar atau sama dengan dari (>=)
A.
Jenis-Jenis Processor
Dibawah ini beberapa jenis processor
1.
Intel
Processor besutan Intel
Corporation yang berpusat di USA. Processor ini tidak diragukan lagi apabila
kita menggunakannya. Kelebinnya sendiri adalah :
-
Lebih
tahan panas di banding processor
pabrikan lain
-
Produksinya
lebih populer dulu di banding brand yang lainnya, sehingga memiliki daya jual
yang sangat tinngi
-
Memiliki
kelebihan Turbo Bost, pada intel Core 13. care 15, dan core 17, sehingga
mempercepat proses kerja komputer.
2.
AMD (Advanced Micro Deviced)
Perusahaan AMD ini berpusat di
Sunnyvale, California Amerika merupakan pesaing terberat dari Intel. Prosesor
jenis ini merupakan prosesor paling disukai oleh penggemar Game, karena
prosesor jenis AMD ini dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Kekurangan dari
prosesor ini adalah penggunaan daya lebih besar dan mengakibatkan prosesornya
lebih cepat panas. Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited, prosesor ini di buat untuk
mengoptimalkan tiga kategori oleh sebab itu prosesor ini sering digunakan oleh
perangkat handphone.music player serta router.
Aplikasi Aman
Aplikasi Platform
Tertanam Sistem Real-Time
3.
Cyrix
Didirikan pada tahun 1988 yang
bertempat di Richardson Texas. secara kualitas prosesor jenis ini masih di
bawah Intel dan Amd, namun secara kecepatan proses kerja, prosesor jenis Cyrix
ini memiliki kecepatan yang optimal.
4.
Ransmeta
Perusahaan yang memprodeksi
prosesor jenis Transmeta ialah, Transmeta corporation , sebelum perusahaan ini
berhenti, prosesor ini juga menjadi pesaing berat Intel maupun Amd, mengapa
karena prosesor ini saat beroperasi di komputer hanya membutuhkan listrik yang
sedikit, tidak cepat panas saat digunakan jangka waktu lama serta memiliki daya
jual yang cukup murah.
5.
VIA
Perkembangan prosessor ini
berkembang setelah prosessor Cyrix kerena perusahaan cyrix telah di akuisisi
oleh Via, awal mula beroperasi prosesor ini ialah tahun 1887 bertempat di
taiwan, pembuatan dari prosesor ini ialah untuk menjalankan perangkat-prangkat
kecil dalam komputer serta perangkat yang ringan.
6.
Centaur
Prosesor ini masih kalah
kemampuannya dibanding prosesor yang ada di atas, prosesor ini hanya diproduksi
lokal pada zamannya, pembuat prosesor ini ialah Glen Henry bersama dengan
teman-temannya pada tahun 1995.
B.
Komunikasi dan Jaringan Komputer
Komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer
atau perangkat saling bertukar data, instruksi dan informasi.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari komputer-komputer atau
peralatan-peralatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi
dan media transmisi.
1.
Komunikasi Digital dan Komunikasi Analog
Sinyal analog adalah pancaran
gelombang listrik berkesinambungan sedangkan sinyal digital terdiri dari
getaran listrik individual yang merepresentasikan grup-grup bit yang disatukan
membentuk byte.
Komputer hanya memproses data
dalam bentuk digital, sebuah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi digital
atau sebaliknya, alat ini disebut dengan modem ( modulator demodulator ).
2.
Sejarah Jaringan Komputer
Pada tahun 1940 seorang
bernama George Sirbitz mengirimkan pesan instruksi komputer antar kota menggunakan
mesin teletype. Konsep inilah yang diteruskan oleh ARPA ( Advanced Research
Project Agency ), sebuah agen riset khusus di Amerika Serikat. Hingga pada
akhirnya ARPA membangun sebuah prototype jaringan bernama “Intergalactic
Network” yang menjadi pelopor dari ARPANet.
Konsep jaringan semakin
berkembang, pada era tahun 1960-1965 pengembangan jaringan ditandai dengan
menggunakan konse pengiriman paket-paket data (packet switched ) antara
komputer-komputer didalam jaringan dan terbentuknya jaringan jarak lebar
(WAN-Wide Area Network) untuk pertama kali.
3.
Klarifikasi Jaringan Komputer
a.
LAN ( Local Area Network )
Adalah sebuah jariangan yang
menghubungkan komputer-komputer atau
perangkat-perangkat dalam sebuah area terbatas seperti rumah, kantor,
laboratorium, atau gedung-gedung yang berdekatan. Masing-masing komputer atau perangkat
didalam jaringan LAN disebut dengan node.
b.
MAN ( Metropolitan Area Network)
Adalah koneksi jaringan
berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan lokal didalam sebuah area kota
metropolitan dan didalam MAN biasanya terdapat satu atau lebih LAN.
c.
WAN ( Wide Area Network)
Adalah sebuah jaringan yang
menaungi area geografis yang luas (seperti kota, negara maupun seluruh dunia)
menggunakan saluran komunikasi yang menggunakan banyak kombinasi jenis media
seperti jalur telpon, kabel maupun gelombang radio.
d.
Internet (Interconnected Networking )
4.
Topologi Jaringan
a.
Topologi Bus
Topologi ini terdiri dari
sebuah kabel sentral, yang dimana menjadi tempat terhubungnya semua komputer
dan perangkat, jadi bus disini fisiknya adalah sebuah kabel yang menjadi
penghubung komputer-komputer dan perangkat-perangkat lainnya.
Bus tersebut mengirim data,
instruksi dan informasi secara dua arah (bidirectional). Topologi ini banyak
dipakai didalam LAN dikarenakan mudah diinstal dan harga yang dikeluarkan tidak
begitu mahal. Salah satu keuntungan topologi ini adalah komputer dan perangkat
yang berada dalam jalur bus bisa di opot dan dipasang tanpa mengganggu alur
komunikasi data. Sedangkan yang menjadi masalah adalah topologi ini sangat
bergantung kepada bus, jika terjadi kerusakan pada bus maka seluruh jaringan
akan terganggu.
b.
Topologi Cincin
Topologi ini mirip dengan
topologi bus bedanya jika topologi bus
berbentuk linear (garis lurus) maka topologi cincin berbentuk lingkaran
(cincin) dimana kedua ujung kabel tertentu. Data berjalan antara komputer ke
komputer lainnya berputar satu arah didalam cincin, ketika sebuah komputer
mengirim data maka data tersebut melintas melalui komputer-komputer lainnya
sebelum akhirnya terhenti di komputer yang dituju.
Kelemahan dari topologi ini,
jika ada sebuah komputer mengalami
kerusakan, maka komputer-komputer sebelum komputer-komputer sebelum
komputer yang rusak ini tidak akan mengalami masalah, tetapi komputer-komputer
yang berada setelah komputer yang rusak inilah yang akan mengalami masalah.
c.
Topologi Bintang
Didalam topologi bintang semua komputer dan perangkat (node) didalam jaringan terhubung ke sebuah perangkat sentral yang mana membentuk sebuah formasi bintang. Perangkat sentral ini menyediakan sebuah titik penghubung untuk node-node didalam jaringan, titik penghubung ini dinamakan hub.
Topologi ini juga mudah untuk diinstal,
node bisa dipasang-lepas tanpa mengganggu jalur komunikasi jaringan, jika
sebuah node mengalami kerusakan maka cuma node tersebut yang akan mengalami
masalah, node-node lainnya akan terus beroperasi secara normal. Topologi yang
menggabungkan susunan topologi bus dan bintang disebut dengan topologi tree.
MINGGU XII,
XIII
1.
Standar Ukur Peralatan Komputer
Salah satu yang menjadi konsep dasar komputer
adalah standar uku peralatan komputer. Karena
dengan mengetahui standar ukur peralatan komputer
maka kita bisa mengetahui bagaimana
komputer bekerja melaksanakan perintah – perintah
yang diberikan oleh user.
A.
Perhitungan untuk kerja device, kompresi file:
Dalam
perkembangannya komputer mempunyai standar pengukuran sendiri, berbeda dengan
satuan ukuran
yang lain, komputer mempunyai satuan ukuran yang disebut dengan “byte”.
Data yang
disimpan di dalam media komputer mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Dan
tahukah anda
bahwa sebenarnya data yang tersimpan dalam komputer tersebut merupakan
kumpulan dari
angka 0 dan 1. Kumpulan angka 1 dan 0 inilah yang sering diterjemahkan sebagai
‘bit’ dari
data biner. Dan bilangan biner inilah yang kemudian dijadikan sebagai perhitungan
untuk
kemudian dijadikan satuan yang sering kita kenal standar satuan computer yang
disebut
“byte”.
Adapun
beberapa satuan standar transfer data yang sering dipergunakan dalam jaringan
komputer
adalah :
bit
Bit adalah
ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanyalah merupakan
pilihan
antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada
akhirnya
komputer akan
mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih
kompleks
untuk merepresentasikan data.
Istilah Bit
mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946
(http://www.danbbs.dk/~erikoest/bb_terms.htm).
bps
bit per
second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.
kbps
kilo bits per
second. Jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik.
1 kbps = 1 x
10^3 bit/second = 1000 bit/second.
kbps
kilo bits per
second. Jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik.
1 kbps = 1 x
10^3 bit/second = 1000 bit/second.
Byte
Byte adalah
merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit) Byte biasanya
merepresentasikan
sebuah
karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka
ataupun
simbol
tertentu.
Bps
Byte per
second. Jumlah byte yang ditransfer dalam satu detik.KBps:
Kilo Byte per
second. Jumlah KiloByte yang ditransfer dalam satu detik.
1 KBps = 1 x
2^10 byte/second = 1,024 byte/second
bit
mempergunakan satuan desimal oleh sebab itu :
1 kilobit = 1
x 10^3 bit = 1000 bit
sedangkan
byte mempergunakan satuan biner, oleh sebab itu :
1 KiloByte =
1 x 2^10 = 1024 Byte.
Berikut ini
satuan Byte lainnya:
1 byte = 8
bits atau 1 karakter
1 kilobyte (K
/ KB) = 2^10 bytes = 1,024 bytes
1 megabyte (M
/ MB) =1024 Kb = 2^20 bytes = 1,048,576 bytes
1 gigabyte (G
/ GB) = 1024 Mb = 2^30 bytes = 1,073,741,824 bytes
1 terabyte (T
/ TB) = 1024 Gb = 2^40 bytes = 1,099,511,627,776 bytes
1 petabyte (P
/ PB) = 1024 Tb = 2^50 bytes = 1,125,899,906,842,624 bytes
1 exabyte (E
/ EB) = 1024 Pb = 2^60 bytes = 1,152,921,504,606,846,976 bytes
1.
Jenis Kompresi
Kompresi berarti memampatkan / mengecilkan
ukuran. Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau
information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data
yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.
Jenis Kompresi data berdasarkan mode
penerimaan data yang diterima manusia :
-
Dialoque Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan
penerima seakan
berdialog (real time), seperti pada contoh
video conference.
Dimana kompresi data harus berada dalam
batas penglihatan dan pendengaran manusia. Waktu
tunda (delay) tidak boleh lebih dari 150
ms, dimana 50 ms untuk proses kompresi dan
dekompresi, 100 ms mentransmisikan data
dalam jaringan.
-
Retrieval
Mode: yaitu proses
penerimaan data tidak dilakukan secara real time.
Dapat dilakukan fast forward dan fast
rewind di client. Dapat dilakukan random access terhadap
data dan dapat bersifat interaktif.
Kompresi data berdasarkan output:
-
Lossy
Compression
Teknik kompresi dimana data hasil
dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah “cukup” untuk
digunakan. Contoh: Mp3, streaming media, JPEG, MPEG, dan WMA.
Kelebihan: ukuran file lebih kecil
dibanding loseless namun masih tetap memenuhi syarat untuk digunakan.
Biasanya teknik ini membuang bagian-bagian
data yang sebenarnya tidak begitu berguna, tidak begitu dirasakan, tidak begitu
dilihat oleh manusia sehingga manusia masih beranggapan bahwa data tersebut
masih bisa digunakan walaupun sudah dikompresi. Misal terdapat image asli berukuran
12,249 bytes, kemudian dilakukan kompresi dengan JPEG kualitas 30 dan berukuran
1,869 bytes berarti image tersebut 85% lebih kecil dan ratio kompresi 15%.
-
Loseless Compression
Teknik kompresi dimana data hasil kompresi
dapat didekompres lagi dan hasilnya tepat sama seperti data sebelum proses
kompresi. Contoh aplikasi: ZIP, RAR, GZIP, 7-Zip. Teknik ini digunakan jika
dibutuhkan data setelah dikompresi harus dapat diekstrak/dekompres lagi tepat
sama. Contoh pada data teks, data program/biner, beberapa image seperti GIF dan
PNG. Kadangkala ada data-data yang setelah dikompresi dengan teknik ini
ukurannya menjadi lebih besar atau sama.
2.
Perhitungan Rata-Rata Kecepatan Transfer Data
Jika kita berbicara masalah
perhitungan kecepatan transfer data, maka sedikit banyak kita akan berbicara
pula masalah jaringan komputer. Sebab jaringan komputer menggunaan bandwidth yang
berbeda-beda.
Berikut tabel tenttang kecepatan transfer data
3.
Standar Antar Muka Device
Dibawah ini adalah beberapa
istilah dan penjelasan mengenai standar antar muka device :
A.
Handsaking
Umumnya handsaking lebih
dikenal dengan jabat tangan, namun definisi handsaking yang sebenarnya adalah
pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal.
Handsaking merupakan prinsip dasar dari suatu hubungan pada sebuah interfacing.
Di dalam komunikasi telepon, handshaking adalah pertukaran informasi antar dua
modem dan persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk
menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar
handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out
panggil dari komputer.
-
Handsaking
Hardware
Suatu teknik untuk peraturan
alir data ke seberang suatu alat penghubung atas pertolongan isyarat yang
laksanakan oleh kawat terpisah.
-
Handsaking
Software
Transmisi data ekstra pada
suatu saluran dalam rangka mengendalikan alat yang mengirimkan data di dalam
arah yang lain pada saluran. Karena suatu EIA-232 koneksi, alat-alat ini
mengirimkan Control-S dan Control-Q karakter untuk stop dan start transmisi.
B.
Protokol
Sedangkan Protokol merupakan
satu set peraturan dan prosedur untuk bertukar-tukar data dari satu terminal
dengan terminal lainnya. Hal ini dapat kita bedakan antara protocol dengan handsaking,
karena fungsi protokol hanya mengatur signal yang diperoleh melalui proses handsaking.
Namun keduanya merupakan saling mendukung dari proses komunikasi pada sebuah
interfacing.
Di dalam teknologi informasi,
suatu protocol dimana adalah suatu daun catatan yang
ditempelkan ke suatu volume
naskah, menguraikan muatannya adalah yang khusus satuan aturan yang titik-akhir
di dalam suatu koneksi telekomunikasi menggunakan komunikasi. Protokol ada pada
beberapa tingkatan di dalam suatu koneksi telekomunikasi. Ada perangkat keras
telepon protokol. Ada protokol antar masing-masing beberapa lapisan fungsional
dan masing-masing lapisan yang bersesuaian di akhir yang lain dari suatu
komunikasi. Kedua-Duanya titik-akhir harus mengenali dan mengamati suatu
protokol. Protokol adalah sering diuraikan di dalam suatu
industri atau standard
internasional.
3 alasan yang perlu diketahui
mengenai protokol
-
kode
dari melakukan; “protokol keselamatan”; “protokol akademis”
-
format
etiket yang diamati oleh kepala-2 pada suatu status
-
aturan
menentukan transmisi dan format data
C.
Bus Interfacing
Alur atau Buses dimana
berbagai jenis informasi dilewati antar kelayakan unsur-unsur sistem
microcomputer-based memisahkan perhatian oleh karena dampak ketika keseluruhan pengoperasian
sistem dan capaian. Buses biasanya digolongkan dalam kaitan dengan pemilihan waktu
protokol yang, tak serempak, synchronous, dan synchronous memanfaatkan suatu
WAIT status, (semisynchronous). operasi dan prosedur yang umum terjadi di dalam
mikroprosesor interfacing ke memori dan alat sekeliling umum bus diskusi.
Sebagai tambahan terhadap alamat, data, dan control buses yang dihubungkan.
Dengan komputer mikro,
handshaking dan kesewenang-wenangan (bus resolusi konflik) buses adalah
diperlukan untuk menerapkan berbagai bus alternatif. Pertimbangan pokok dihubungkan
dengan semua aspek ini bus interfacing adalah keterlambatan dilibatkan dengan
itu bus transaksi. Suatu pengarah penting bus interfacing melibatkan memori di
mikroprosesor sistem.
Secara umum, ada tiga jenis keterlambatan
dihubungkan dengan isyarat di dalam suatu sistemdigital: logika, kapasitip, dan
waktu pemindahan. Suatu penundaan logika kadang-kadang Penundaan
perkembangbiakan yang dikenal sebagai waktu untuk keluaran dari suatu unsur digital
ke switch berkenaan dengan masukan. TTL gerbang keterlambatan adalah 3-6, atau perbedaan
waktu antara dua isyarat yang memulai dari sumber yang bersamaan waktu atau
yang sama tetap mengalami mencoba
keterlambatan berbeda, yang terutama adalah hasil logika menunda. Suatu contoh
dari disebabkan oleh keterlambatan logika berbeda.
Penundaan kapasitip adalah disebabkan oleh
pemuatan kapasitip pada keluaran dari suatu unsur logika. suatu alur cerita
perkembangbiakan yang khas menunda lawan mengisi kapasitansi untuk TTL Schottky
daya-rendah keluarga.rata-rata penundaan waktu meningkatkan pada suatu tingkat
0.08 ns/pF dan mempunyai suatu nilai kira-kira 5 n untuk suatu 15-pF beban.
Waktu tunda pemindahan adalah waktu isyarat yang digital untuk bepergian
sepanjang suatu kawat atau papan sirkit yang dicetak melacak.
terkait dan diserap langsung dari berbagai sumber.. terimakasih atas bantuan datanya
Komentar
Posting Komentar