Tugas Pengantar Teknologi Sistem Informasi 1A T4

 

MINGGU X, XI

1   ARSITEKTUR KOMPUTER

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

1.       Set instruksi (ISA)

2.       Arsitektur mikro dari ISA, dan

3.       Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

 

A.      Arsitektur Sistem Komputer

Gaya kontruksi dan organisasi dari bagian-bagian (komponen) system komputer

merupakan “arsitektur”-nya. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya

sama atau hampir semuanya digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang

mereflesikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Ada sejumlah tingkatan dalam arsitektur komputer, diataranya adalah software dan

hardware. Software bertempat di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya.

Hardware mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang

diperlukan software.

Berikut ini adalah gambaran dari “multilayered machine” yang terdiri dari

beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.


• Layer perangkat fisik, merupakan layer komponen elektrik dan elektronik.

• Layer logika digital, merupakan layer yang berisi semua operasi mesin yang

paling dasar.

• Layer microprogrammed, merupakan layer yang menginterprestasikan instruksi

bahasan mesin.

• Layer mesin, adalah tingkat yang paling bawah dimana program dapat dituliskan

dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara

langsung oleh hardware.

• Layer system operasi, layer yang mengatur atau mengontrol cara yang dilakukan

oleh software dalam menggunakan hardware yang tersedia.

• Layer software urutan teratas, yaitu mencakup semua bahasa mesin yang

memerlukan penerjemahan ke dalam bahasa selain bahasa mesin yang

memerlukan penerjemahan ke kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan.

• Layer aplikasi, yaitu bahasa komputer yang dilihat seperi end-user.

Organisasi fisik komputer

Salah satu metode yang digunakan untuk mengkoneksikan satu komponen dengan

komponen yang lain adalah dengan menggunakan “buses”. Bus adalah kumpulan

konduktor-konduktor elektris paralel yang yang disebut “line”.

 

A.      Pengantar Central

a)       Processing Unit (CPU), Unit Pengolahan dan Arithmatical Logical Unit (ALU)

-           CPU (Processing Unit)  merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi — instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central Processing Unit dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu:

a.        Arithmetic and Logic Unit (ALU)

b.       Control Unit

c.        Registers

d.       CPU Interconnections

 

-           ALU (Arithmathic and Logic Unit) adalah bagian dari CPU yang bertanggung jawab dalam proses komputasi dan proses logika. ALU mendapatkan data (operand, operator, dan instruksi) yang akan disimpan dalam register. Kemudian data tersebut diolah dengan aturan dan sistem tertentu berdasarkan perintah control unit. Setelah proses ALU dikerjakan, output akan disimpan dalam register yang dapat berupa sebuah data atau sebuah instruksi.

Selain itu, bentuk output yang dihasilkan oleh ALU berupa flag signal. ALU akan bekerja setelah mendapat perintah dari Control Unit yang terletak pada processor. Control Unit akan memberi perintah sesuai dengan komando yang tertulis(terdapat) pada register.

Selain register, ALU pun mengeluarkan suatu flag yang berfungsi untuk memberi tahu kepada kita tentang kondisi suatu processor seperti apakah processor mengalami over flow atau tidak. Tujuan ALU adalahmelakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

 

B.       Operasi Pada ALU

Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmetika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Contoh operasi aritmetika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. 

Operator logika yang dipakai pada ALU adalah sebagai berikut :

a. sama dengan (=)

b. tidak sama dengan (<>)

c. kurang dari (<)

d. kurang atau sama dengan dari (<=)

e. lebih besar dari (>)

f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)

A.      Jenis-Jenis Processor

Dibawah ini beberapa jenis processor

1.       Intel

Processor besutan Intel Corporation yang berpusat di USA. Processor ini tidak diragukan lagi apabila kita menggunakannya. Kelebinnya sendiri adalah :

-           Lebih tahan panas di banding  processor pabrikan lain

-           Produksinya lebih populer dulu di banding brand yang lainnya, sehingga memiliki daya jual yang sangat tinngi

-           Memiliki kelebihan Turbo Bost, pada intel Core 13. care 15, dan core 17, sehingga mempercepat proses kerja komputer.

2.       AMD (Advanced Micro Deviced)

Perusahaan AMD ini berpusat di Sunnyvale, California Amerika merupakan pesaing terberat dari Intel. Prosesor jenis ini merupakan prosesor paling disukai oleh penggemar Game, karena prosesor jenis AMD ini dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Kekurangan dari prosesor ini adalah penggunaan daya lebih besar dan mengakibatkan prosesornya lebih cepat panas. Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited, prosesor ini di buat untuk mengoptimalkan tiga kategori oleh sebab itu prosesor ini sering digunakan oleh perangkat handphone.music player serta router.

Aplikasi Aman

Aplikasi Platform

Tertanam Sistem Real-Time

3.       Cyrix

Didirikan pada tahun 1988 yang bertempat di Richardson Texas. secara kualitas prosesor jenis ini masih di bawah Intel dan Amd, namun secara kecepatan proses kerja, prosesor jenis Cyrix ini memiliki kecepatan yang optimal.

4.       Ransmeta

Perusahaan yang memprodeksi prosesor jenis Transmeta ialah, Transmeta corporation , sebelum perusahaan ini berhenti, prosesor ini juga menjadi pesaing berat Intel maupun Amd, mengapa karena prosesor ini saat beroperasi di komputer hanya membutuhkan listrik yang sedikit, tidak cepat panas saat digunakan jangka waktu lama serta memiliki daya jual yang cukup murah.

5.       VIA

Perkembangan prosessor ini berkembang setelah prosessor Cyrix kerena perusahaan cyrix telah di akuisisi oleh Via, awal mula beroperasi prosesor ini ialah tahun 1887 bertempat di taiwan, pembuatan dari prosesor ini ialah untuk menjalankan perangkat-prangkat kecil dalam komputer serta perangkat yang ringan.

6.       Centaur

Prosesor ini masih kalah kemampuannya dibanding prosesor yang ada di atas, prosesor ini hanya diproduksi lokal pada zamannya, pembuat prosesor ini ialah Glen Henry bersama dengan teman-temannya pada tahun 1995.

B.       Komunikasi dan Jaringan Komputer

Komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer atau perangkat saling bertukar data, instruksi dan informasi.

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi dan media transmisi.

 

1.       Komunikasi Digital dan Komunikasi Analog

Sinyal analog adalah pancaran gelombang listrik berkesinambungan sedangkan sinyal digital terdiri dari getaran listrik individual yang merepresentasikan grup-grup bit yang disatukan membentuk byte.

Komputer hanya memproses data dalam bentuk digital, sebuah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya, alat ini disebut dengan modem ( modulator demodulator ).

2.       Sejarah Jaringan Komputer

Pada tahun 1940 seorang bernama George Sirbitz mengirimkan pesan instruksi komputer antar kota menggunakan mesin teletype. Konsep inilah yang diteruskan oleh ARPA ( Advanced Research Project Agency ), sebuah agen riset khusus di Amerika Serikat. Hingga pada akhirnya ARPA membangun sebuah prototype jaringan bernama “Intergalactic Network” yang menjadi pelopor dari ARPANet.

Konsep jaringan semakin berkembang, pada era tahun 1960-1965 pengembangan jaringan ditandai dengan menggunakan konse pengiriman paket-paket data (packet switched ) antara komputer-komputer didalam jaringan dan terbentuknya jaringan jarak lebar (WAN-Wide Area Network) untuk pertama kali.

3.       Klarifikasi Jaringan Komputer

a.       LAN ( Local Area Network )

Adalah sebuah jariangan yang menghubungkan komputer-komputer atau  perangkat-perangkat dalam sebuah area terbatas seperti rumah, kantor, laboratorium, atau gedung-gedung yang berdekatan. Masing-masing komputer atau perangkat didalam jaringan LAN disebut dengan node.

b.       MAN ( Metropolitan Area Network)

Adalah koneksi jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan lokal didalam sebuah area kota metropolitan dan didalam MAN biasanya terdapat satu atau lebih LAN.

c.        WAN ( Wide Area Network)

Adalah sebuah jaringan yang menaungi area geografis yang luas (seperti kota, negara maupun seluruh dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggunakan banyak kombinasi jenis media seperti jalur telpon, kabel maupun gelombang radio.

d.       Internet (Interconnected Networking )

4.       Topologi Jaringan

a.       Topologi Bus

Topologi ini terdiri dari sebuah kabel sentral, yang dimana menjadi tempat terhubungnya semua komputer dan perangkat, jadi bus disini fisiknya adalah sebuah kabel yang menjadi penghubung komputer-komputer dan perangkat-perangkat lainnya.

Bus tersebut mengirim data, instruksi dan informasi secara dua arah (bidirectional). Topologi ini banyak dipakai didalam LAN dikarenakan mudah diinstal dan harga yang dikeluarkan tidak begitu mahal. Salah satu keuntungan topologi ini adalah komputer dan perangkat yang berada dalam jalur bus bisa di opot dan dipasang tanpa mengganggu alur komunikasi data. Sedangkan yang menjadi masalah adalah topologi ini sangat bergantung kepada bus, jika terjadi kerusakan pada bus maka seluruh jaringan akan terganggu.

b.       Topologi Cincin

Topologi ini mirip dengan topologi bus bedanya jika topologi  bus berbentuk linear (garis lurus) maka topologi cincin berbentuk lingkaran (cincin) dimana kedua ujung kabel tertentu. Data berjalan antara komputer ke komputer lainnya berputar satu arah didalam cincin, ketika sebuah komputer mengirim data maka data tersebut melintas melalui komputer-komputer lainnya sebelum akhirnya terhenti di komputer yang dituju.

Kelemahan dari topologi ini, jika ada sebuah komputer mengalami  kerusakan, maka komputer-komputer sebelum komputer-komputer sebelum komputer yang rusak ini tidak akan mengalami masalah, tetapi komputer-komputer yang berada setelah komputer yang rusak inilah yang akan mengalami masalah.

c.        Topologi Bintang

Didalam topologi bintang semua komputer dan perangkat (node) didalam jaringan terhubung ke sebuah perangkat sentral yang mana membentuk sebuah formasi bintang. Perangkat sentral ini menyediakan sebuah titik penghubung untuk node-node didalam jaringan, titik penghubung ini dinamakan hub.

Topologi ini juga mudah untuk diinstal, node bisa dipasang-lepas tanpa mengganggu jalur komunikasi jaringan, jika sebuah node mengalami kerusakan maka cuma node tersebut yang akan mengalami masalah, node-node lainnya akan terus beroperasi secara normal. Topologi yang menggabungkan susunan topologi bus dan bintang disebut dengan topologi tree.

MINGGU XII, XIII

1.       Standar Ukur Peralatan Komputer

Salah satu yang menjadi konsep dasar komputer adalah standar uku peralatan komputer. Karena

dengan mengetahui standar ukur peralatan komputer maka kita bisa mengetahui bagaimana

komputer bekerja melaksanakan perintah – perintah yang diberikan oleh user.

 

A.      Perhitungan untuk kerja device, kompresi file:

Dalam perkembangannya komputer mempunyai standar pengukuran sendiri, berbeda dengan

satuan ukuran yang lain, komputer mempunyai satuan ukuran yang disebut dengan “byte”.

Data yang disimpan di dalam media komputer mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Dan

tahukah anda bahwa sebenarnya data yang tersimpan dalam komputer tersebut merupakan

kumpulan dari angka 0 dan 1. Kumpulan angka 1 dan 0 inilah yang sering diterjemahkan sebagai

‘bit’ dari data biner. Dan bilangan biner inilah yang kemudian dijadikan sebagai perhitungan

untuk kemudian dijadikan satuan yang sering kita kenal standar satuan computer yang disebut

“byte”.

Adapun beberapa satuan standar transfer data yang sering dipergunakan dalam jaringan

komputer adalah :

bit

Bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanyalah merupakan

pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya

komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih

kompleks untuk merepresentasikan data.

Istilah Bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946

(http://www.danbbs.dk/~erikoest/bb_terms.htm).

bps

bit per second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.

kbps

kilo bits per second. Jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik.

1 kbps = 1 x 10^3 bit/second = 1000 bit/second.

kbps

kilo bits per second. Jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik.

1 kbps = 1 x 10^3 bit/second = 1000 bit/second.

Byte

Byte adalah merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit) Byte biasanya merepresentasikan

sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun

simbol tertentu.

Bps

Byte per second. Jumlah byte yang ditransfer dalam satu detik.KBps:

Kilo Byte per second. Jumlah KiloByte yang ditransfer dalam satu detik.

1 KBps = 1 x 2^10 byte/second = 1,024 byte/second

bit mempergunakan satuan desimal oleh sebab itu :

1 kilobit = 1 x 10^3 bit = 1000 bit

sedangkan byte mempergunakan satuan biner, oleh sebab itu :

1 KiloByte = 1 x 2^10 = 1024 Byte.

Berikut ini satuan Byte lainnya:

1 byte = 8 bits atau 1 karakter

1 kilobyte (K / KB) = 2^10 bytes = 1,024 bytes

1 megabyte (M / MB) =1024 Kb = 2^20 bytes = 1,048,576 bytes

1 gigabyte (G / GB) = 1024 Mb = 2^30 bytes = 1,073,741,824 bytes

1 terabyte (T / TB) = 1024 Gb = 2^40 bytes = 1,099,511,627,776 bytes

1 petabyte (P / PB) = 1024 Tb = 2^50 bytes = 1,125,899,906,842,624 bytes

1 exabyte (E / EB) = 1024 Pb = 2^60 bytes = 1,152,921,504,606,846,976 bytes

1.       Jenis Kompresi

Kompresi berarti memampatkan / mengecilkan ukuran. Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.

Jenis Kompresi data berdasarkan mode penerimaan data yang diterima manusia :

-            Dialoque Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan

berdialog (real time), seperti pada contoh video conference.

Dimana kompresi data harus berada dalam batas penglihatan dan pendengaran manusia. Waktu

tunda (delay) tidak boleh lebih dari 150 ms, dimana 50 ms untuk proses kompresi dan

dekompresi, 100 ms mentransmisikan data dalam jaringan.

-           Retrieval Mode: yaitu proses penerimaan data tidak dilakukan secara real time.

Dapat dilakukan fast forward dan fast rewind di client. Dapat dilakukan random access terhadap

data dan dapat bersifat interaktif.

Kompresi data berdasarkan output:

-           Lossy Compression

Teknik kompresi dimana data hasil dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah “cukup” untuk digunakan. Contoh: Mp3, streaming media, JPEG, MPEG, dan WMA.

Kelebihan: ukuran file lebih kecil dibanding loseless namun masih tetap memenuhi syarat untuk digunakan.

Biasanya teknik ini membuang bagian-bagian data yang sebenarnya tidak begitu berguna, tidak begitu dirasakan, tidak begitu dilihat oleh manusia sehingga manusia masih beranggapan bahwa data tersebut masih bisa digunakan walaupun sudah dikompresi. Misal terdapat image asli berukuran 12,249 bytes, kemudian dilakukan kompresi dengan JPEG kualitas 30 dan berukuran 1,869 bytes berarti image tersebut 85% lebih kecil dan ratio kompresi 15%.

-            Loseless Compression

Teknik kompresi dimana data hasil kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya tepat sama seperti data sebelum proses kompresi. Contoh aplikasi: ZIP, RAR, GZIP, 7-Zip. Teknik ini digunakan jika dibutuhkan data setelah dikompresi harus dapat diekstrak/dekompres lagi tepat sama. Contoh pada data teks, data program/biner, beberapa image seperti GIF dan PNG. Kadangkala ada data-data yang setelah dikompresi dengan teknik ini ukurannya menjadi lebih besar atau sama.

2.       Perhitungan Rata-Rata Kecepatan Transfer Data

Jika kita berbicara masalah perhitungan kecepatan transfer data, maka sedikit banyak kita akan berbicara pula masalah jaringan komputer. Sebab jaringan komputer menggunaan bandwidth yang berbeda-beda.

Berikut tabel tenttang kecepatan transfer data


3.       Standar Antar Muka Device

Dibawah ini adalah beberapa istilah dan penjelasan mengenai standar antar muka device :

A.      Handsaking

Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal. Handsaking merupakan prinsip dasar dari suatu hubungan pada sebuah interfacing. Di dalam komunikasi telepon, handshaking adalah pertukaran informasi antar dua modem dan persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out panggil dari komputer.

-           Handsaking Hardware

Suatu teknik untuk peraturan alir data ke seberang suatu alat penghubung atas pertolongan isyarat yang laksanakan oleh kawat terpisah.

-           Handsaking Software

Transmisi data ekstra pada suatu saluran dalam rangka mengendalikan alat yang mengirimkan data di dalam arah yang lain pada saluran. Karena suatu EIA-232 koneksi, alat-alat ini mengirimkan Control-S dan Control-Q karakter untuk stop dan start transmisi.

B.       Protokol

Sedangkan Protokol merupakan satu set peraturan dan prosedur untuk bertukar-tukar data dari satu terminal dengan terminal lainnya. Hal ini dapat kita bedakan antara protocol dengan handsaking, karena fungsi protokol hanya mengatur signal yang diperoleh melalui proses handsaking. Namun keduanya merupakan saling mendukung dari proses komunikasi pada sebuah interfacing.

Di dalam teknologi informasi, suatu protocol dimana adalah suatu daun catatan yang

ditempelkan ke suatu volume naskah, menguraikan muatannya adalah yang khusus satuan aturan yang titik-akhir di dalam suatu koneksi telekomunikasi menggunakan komunikasi. Protokol ada pada beberapa tingkatan di dalam suatu koneksi telekomunikasi. Ada perangkat keras telepon protokol. Ada protokol antar masing-masing beberapa lapisan fungsional dan masing-masing lapisan yang bersesuaian di akhir yang lain dari suatu komunikasi. Kedua-Duanya titik-akhir harus mengenali dan mengamati suatu protokol. Protokol adalah sering diuraikan di dalam suatu

industri atau standard internasional.

3 alasan yang perlu diketahui mengenai protokol

-           kode dari melakukan; “protokol keselamatan”; “protokol akademis”

-           format etiket yang diamati oleh kepala-2 pada suatu status

-           aturan menentukan transmisi dan format data

C.       Bus Interfacing

Alur atau Buses dimana berbagai jenis informasi dilewati antar kelayakan unsur-unsur sistem microcomputer-based memisahkan perhatian oleh karena dampak ketika keseluruhan pengoperasian sistem dan capaian. Buses biasanya digolongkan dalam kaitan dengan pemilihan waktu protokol yang, tak serempak, synchronous, dan synchronous memanfaatkan suatu WAIT status, (semisynchronous). operasi dan prosedur yang umum terjadi di dalam mikroprosesor interfacing ke memori dan alat sekeliling umum bus diskusi. Sebagai tambahan terhadap alamat, data, dan control buses yang dihubungkan.

Dengan komputer mikro, handshaking dan kesewenang-wenangan (bus resolusi konflik) buses adalah diperlukan untuk menerapkan berbagai bus alternatif. Pertimbangan pokok dihubungkan dengan semua aspek ini bus interfacing adalah keterlambatan dilibatkan dengan itu bus transaksi. Suatu pengarah penting bus interfacing melibatkan memori di mikroprosesor sistem.

Secara umum, ada tiga jenis keterlambatan dihubungkan dengan isyarat di dalam suatu sistemdigital: logika, kapasitip, dan waktu pemindahan. Suatu penundaan logika kadang-kadang Penundaan perkembangbiakan yang dikenal sebagai waktu untuk keluaran dari suatu unsur digital ke switch berkenaan dengan masukan. TTL gerbang keterlambatan adalah 3-6, atau perbedaan waktu antara dua isyarat yang memulai dari sumber yang bersamaan waktu atau yang sama tetap mengalami  mencoba keterlambatan berbeda, yang terutama adalah hasil logika menunda. Suatu contoh dari disebabkan oleh keterlambatan logika berbeda.

Penundaan kapasitip adalah disebabkan oleh pemuatan kapasitip pada keluaran dari suatu unsur logika. suatu alur cerita perkembangbiakan yang khas menunda lawan mengisi kapasitansi untuk TTL Schottky daya-rendah keluarga.rata-rata penundaan waktu meningkatkan pada suatu tingkat 0.08 ns/pF dan mempunyai suatu nilai kira-kira 5 n untuk suatu 15-pF beban. Waktu tunda pemindahan adalah waktu isyarat yang digital untuk bepergian sepanjang suatu kawat atau papan sirkit yang dicetak melacak.


terkait dan diserap langsung dari berbagai sumber.. terimakasih atas bantuan datanya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Dasar Sistem Operasi UNIX

Langkah Penerapan McDonald's Untuk Meningkatkan Pelayanan Sesuai dengan ISO 9001