Langkah Penerapan McDonald's Untuk Meningkatkan Pelayanan Sesuai dengan ISO 9001

 



Pada masa dimana sedang gencarnya kegiatan investasi yang dilakoni masyarakat, franchise menjadi salah satu yang dapat dipilih sebagai alternatif investasi masa kini. Hal ini dikarenakan pengoprasiannya yang mudah dan sistem manajerial yang sudah jelas serta sesuai dengan operasi yang telah dipraktekan di banyak perusahaan. McDonald’s menjadi salah satu bisnis franchise budang kuiliner restoran cepat saji yuang paling berkembang pesat baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

McDonald’s atau yang disebut McD didirikan pertama kali oleh  dua bersaudaraRichard dan Maurice McDonald’s pada 1937 ditimur kota Pasadena. Yang mana dulunya hanya merupakan sebuah restoran kecil. Pada masa perkembangannya, dua bersaudara itu bertemu dengan Ray Kroc. Ray Kroc memberikan andil dan pengaruh besar pada perkembangan dan kemajuan bisnis ini. sampai waktunya  di San Bernardino, California, Amerika Serikat pada tahun 1955, Ray Kroc menjual waralaba McDonal’s dan untuk pertama kalinya restoran ini menggunakan sistem franchise.Dan sampai saat ini McDonald’s telah memiliki lebih dari 14.000 restoran diselurh dunia.

Selain memberikan kualitas produk yang baik, McD juga berusaha untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik pada para pelanggannya. Kesuksesan bisnis McD juga tidak lepas dari manajamen mutu yang selalu senantiasa dilakukan pengembangan dan peningkatan. Keberadaan manajemen mutu ini dilandaskan pada perangkat ISO 9001 : 2008 yang menjamin seluruh aktivitas produksi serta pemasaran sesuai dengan ketentuan prosedur pelayanan dan penjualan produk internasional.

ISO sendiri merupakan singkatan dari International Organization For Standardization yang merupakan sebuah badan internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara.. Terdapat banyak macam-macam ISO. Mulai dari ISO 9000, ISO 14001, ISO 28000 dan ISO 22000. ISO 9001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu .Perusahaan yang memiliki ambisi menjadi restoran cepat saji yang dikenal paling baik dan paling cepat melayani diseluruh dunia harus melakukan beberapa tahapan penerapan ISO 9001

kegunaan dari ISO 9001 yaitu:

-          Memastikan mutu sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut harus dapat menjamin kualitas produk atau jasa yang dihasilkan.

-          Membantu perusahaan dalam menjamin kepuasan pelanggan serta membantu mengembangkan hal-hal baru agar tetap satu jalur dengan tujuan dan visi perusahaan.

Manfaat Penerapan ISO 9001 antara lain:

-          Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

-          Jaminan Kualitas Produk dan Proses

-          Meningkatkan Produktivitas perusahaan

-          Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan

-          Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan

-          Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

-          Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk

-          Meningkatkan komunikasi internal

-          Meningkatkan image positif perusahaan

-          Sistem terdokumentasi

-          Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 berisi standar atau elemen yang memungkinkan organisasi atau industri dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan (Continual Improvement) pada beberapa lingkup yaitu:

-          Proses yang terkait dengan pelanggan

-          Sistem Kepemimpinan / Leadership

-          Manajemen sumber daya

-          Perbaikan dan peningkatan proses

-          Sistem manajemen

-          Sistem perbaikan yang berkesinambungan

-          Pengambilan keputusan yang Factual

-          Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

Berikut beberapa tahapan yang dilalui perusahaan McDonald’s

Tahap I : Gap Analysis

Tahapan ini menggunakan analisisdan prosedur yang berjalan pada suatu organisasi. Konsultan ISO yang akan menentukan seberapa besar perbedaan antaraproses produksi dengan persyaratan dasar perusahaan yang akan menerapkan ISO

Tahap II : Pelatihan dan Persiapan

Konsultan ISO akan memberikan pengajran dan pemahaman yang jelas pada karyawan tentang syarat dan prosedur yang ditetapkan ISO

Tahap III : pengembangan Sistem dan Dokumentasi

Konsultan ISO mulai melakukan pembenahan pada perusahaan terkait manual mutu, prosedur wajib, instuksi kerja sam pai bebrapa form yang harus dibuat

Tahap IV : Implementasi Sistem dan Dokumen

Di tahap ini perusahaan mulai melakukan implementasi persyaratan ISO dengan pengaturan sistem manajemen mutu yang sesuai. Hal ini merupakan upaya menyama ratakan persyaratan dasar perusahaan produksi yang tepat menurut badan sertifikasi proses produksi terpercaya. Tahapan ini dijadikan acuan dalam penentuan proses mutu manajemen dari peusahaan

Tahap V : Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Konsultan yang sudah melakukan pelatihan khusus pada peruhaan yang menerapkan persyaratan ISO akan melakukan pemantauan ulang pada perusahaan  dalam bentuk audit internal dan tinjauan manajemen.

Tahap VI : Sertivikasi

Setelah dinilai memenuhi kriteria kelayakan seta kesesuaian dengan sistem ISO, perusahaan akan menerima sertifikasi ISO dari badan sertifikasi yang telah diakui. Tahapan akhir ini dinyatakan sebagai  penentuan label kelayakan perusahaan produksi

McDonald’s meberikan penjaminan manajemen mutu yang diwujudkan melalui strategi penjualannya, beberapa strategi penjualan dari MCD adalaha:

-          Menjalin kerjasama dengan perusahaan besar lain.

-          Melakukan pengukuhan atau pengakuan atas brand  atau merk perusahaan

-          Menciptakan slogan periklanan yang menarik. Contohnya seperti “I’m Loving it!” yang tentunya bertujuan memberikan persepsi baik pada McD

-          Melakukan pelatihan profesionalitas pegawai pada Hamburger University

-          Aktif dalam kegiatan amal khususnya dikalangan anak-anak

-          Menyediakan sistem delivery order. Serta banyak lagi strategi penuualan yang dilakukan McD untuk terus dapat mendukung penerapan manajemen mutu dari perusahaan McDonald’s

Tentu dengan semua kerja keras dan perjuangan, McDonald’s bisa menjadi salah satu peruhaan franchise paling besar didunia. Dan demi menjaga prestasi tersebut McD harus tetap mempertahankan kualiutas dari produknya agar tetap dapat memberikan kepuasan pada pelanggan. Pihak manajemen juga sebaiknya melakukan diverifikasi jenis produk dengan menambahkan produk baru sehingga menjadi lebih bervariatif


https://id.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s
https://wira.co.id/iso-9001-adalah/
https://manajemenproduksi.com/sistem-manajemen-mutu-di-perusahaan-mc-donald/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Dasar Sistem Operasi UNIX