Langkah Penerapan McDonald's Untuk Meningkatkan Pelayanan Sesuai dengan ISO 9001
Pada masa dimana sedang gencarnya kegiatan investasi yang dilakoni masyarakat, franchise menjadi salah satu yang dapat dipilih sebagai alternatif investasi masa kini. Hal ini dikarenakan pengoprasiannya yang mudah dan sistem manajerial yang sudah jelas serta sesuai dengan operasi yang telah dipraktekan di banyak perusahaan. McDonald’s menjadi salah satu bisnis franchise budang kuiliner restoran cepat saji yuang paling berkembang pesat baik di Indonesia maupun di dunia internasional.
McDonald’s atau
yang disebut McD didirikan pertama kali oleh dua bersaudaraRichard dan Maurice McDonald’s
pada 1937 ditimur kota Pasadena. Yang mana dulunya hanya merupakan sebuah
restoran kecil. Pada masa perkembangannya, dua bersaudara itu bertemu dengan
Ray Kroc. Ray Kroc memberikan andil dan pengaruh besar pada perkembangan dan
kemajuan bisnis ini. sampai waktunya di
San Bernardino, California, Amerika Serikat pada tahun 1955, Ray Kroc menjual
waralaba McDonal’s dan untuk pertama kalinya restoran ini menggunakan sistem
franchise.Dan sampai saat ini McDonald’s telah memiliki lebih dari 14.000
restoran diselurh dunia.
Selain memberikan
kualitas produk yang baik, McD juga berusaha untuk memberikan kualitas pelayanan
yang baik pada para pelanggannya. Kesuksesan bisnis McD juga tidak lepas dari
manajamen mutu yang selalu senantiasa dilakukan pengembangan dan peningkatan. Keberadaan
manajemen mutu ini dilandaskan pada perangkat ISO 9001 : 2008 yang menjamin
seluruh aktivitas produksi serta pemasaran sesuai dengan ketentuan prosedur pelayanan
dan penjualan produk internasional.
ISO sendiri
merupakan singkatan dari International Organization For Standardization yang
merupakan sebuah badan internasional yang terdiri dari badan standar nasional
yang beranggotakan lebih dari 160 negara.. Terdapat banyak macam-macam ISO.
Mulai dari ISO 9000, ISO 14001, ISO 28000 dan ISO 22000. ISO 9001 adalah standar internasional yang
menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu .Perusahaan yang memiliki
ambisi menjadi restoran cepat saji yang dikenal paling baik dan paling cepat
melayani diseluruh dunia harus melakukan beberapa tahapan penerapan ISO 9001
kegunaan dari
ISO 9001 yaitu:
-
Memastikan
mutu sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut harus dapat menjamin kualitas
produk atau jasa yang dihasilkan.
-
Membantu
perusahaan dalam menjamin kepuasan pelanggan serta membantu mengembangkan
hal-hal baru agar tetap satu jalur dengan tujuan dan visi perusahaan.
Manfaat
Penerapan ISO 9001 antara lain:
-
Meningkatkan
Kepercayaan Pelanggan
-
Jaminan
Kualitas Produk dan Proses
-
Meningkatkan
Produktivitas perusahaan
-
Meningkatkan
motivasi, moral & kinerja karyawan
-
Sebagai
alat analisa kompetitor perusahaan
-
Meningkatkan
hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
-
Meningkatkan
cost efficiency & keamanan produk
-
Meningkatkan
komunikasi internal
-
Meningkatkan
image positif perusahaan
-
Sistem
terdokumentasi
-
Media
untuk Pelatihan dan Pendidikan
Sistem Manajemen
Mutu ISO 9001 berisi standar atau elemen yang memungkinkan organisasi atau
industri dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan (Continual
Improvement) pada beberapa lingkup yaitu:
-
Proses
yang terkait dengan pelanggan
-
Sistem
Kepemimpinan / Leadership
-
Manajemen
sumber daya
-
Perbaikan
dan peningkatan proses
-
Sistem
manajemen
-
Sistem
perbaikan yang berkesinambungan
-
Pengambilan
keputusan yang Factual
-
Hubungan
saling menguntungkan dengan pemasok
Berikut beberapa
tahapan yang dilalui perusahaan McDonald’s
Tahap I : Gap
Analysis
Tahapan ini
menggunakan analisisdan prosedur yang berjalan pada suatu organisasi. Konsultan
ISO yang akan menentukan seberapa besar perbedaan antaraproses produksi dengan
persyaratan dasar perusahaan yang akan menerapkan ISO
Tahap II :
Pelatihan dan Persiapan
Konsultan ISO
akan memberikan pengajran dan pemahaman yang jelas pada karyawan tentang syarat
dan prosedur yang ditetapkan ISO
Tahap III :
pengembangan Sistem dan Dokumentasi
Konsultan ISO
mulai melakukan pembenahan pada perusahaan terkait manual mutu, prosedur wajib,
instuksi kerja sam pai bebrapa form yang harus dibuat
Tahap IV : Implementasi
Sistem dan Dokumen
Di tahap ini
perusahaan mulai melakukan implementasi persyaratan ISO dengan pengaturan
sistem manajemen mutu yang sesuai. Hal ini merupakan upaya menyama ratakan
persyaratan dasar perusahaan produksi yang tepat menurut badan sertifikasi
proses produksi terpercaya. Tahapan ini dijadikan acuan dalam penentuan proses
mutu manajemen dari peusahaan
Tahap V :
Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
Konsultan yang
sudah melakukan pelatihan khusus pada peruhaan yang menerapkan persyaratan ISO akan
melakukan pemantauan ulang pada perusahaan dalam bentuk audit internal dan tinjauan
manajemen.
Tahap VI : Sertivikasi
Setelah dinilai
memenuhi kriteria kelayakan seta kesesuaian dengan sistem ISO, perusahaan akan
menerima sertifikasi ISO dari badan sertifikasi yang telah diakui. Tahapan akhir
ini dinyatakan sebagai penentuan label
kelayakan perusahaan produksi
McDonald’s
meberikan penjaminan manajemen mutu yang diwujudkan melalui strategi
penjualannya, beberapa strategi penjualan dari MCD adalaha:
-
Menjalin
kerjasama dengan perusahaan besar lain.
-
Melakukan
pengukuhan atau pengakuan atas brand atau merk perusahaan
-
Menciptakan
slogan periklanan yang menarik. Contohnya seperti “I’m Loving it!” yang
tentunya bertujuan memberikan persepsi baik pada McD
-
Melakukan
pelatihan profesionalitas pegawai pada Hamburger University
-
Aktif
dalam kegiatan amal khususnya dikalangan anak-anak
-
Menyediakan
sistem delivery order. Serta banyak lagi strategi penuualan yang dilakukan McD
untuk terus dapat mendukung penerapan manajemen mutu dari perusahaan McDonald’s
Tentu dengan
semua kerja keras dan perjuangan, McDonald’s bisa menjadi salah satu peruhaan
franchise paling besar didunia. Dan demi menjaga prestasi tersebut McD harus
tetap mempertahankan kualiutas dari produknya agar tetap dapat memberikan
kepuasan pada pelanggan. Pihak manajemen juga sebaiknya melakukan diverifikasi
jenis produk dengan menambahkan produk baru sehingga menjadi lebih bervariatif
https://id.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s
https://wira.co.id/iso-9001-adalah/
https://manajemenproduksi.com/sistem-manajemen-mutu-di-perusahaan-mc-donald/
Komentar
Posting Komentar