Gojek, Salah Satu Manfaat Adanya Manajemen dan Layanan Sistem Informasi
Manajemen layanan sistem informasi adalah suatu metode pengolahan sistem Teknologi Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manfaat dari manajemen layanan sistem informasi ialah Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi dan Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua
Gojek merupakan
salah satu dari manajemen dan layanan sistem informasi. Gojek dikenal sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia yang
melayani angkutan melalui jasa Ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010
di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Ojek (juga disebut ojeg) adalah transportasi
umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan
dengan cara memboncengkan penumpang.
Awal mulanya
Gojek resmi berdiri pada 13 oktober 2010 hanya dengan 20 orang sebagai drivernya.
Kala itu, untuk menghubungkan antara penumpang dan pengemudi, Gojek hanya
mengandalkan layanan call-center sebelum akhirnya pada 7 januari 2015 Gojek secara
resmi meluncurkan aplikasi layanan nya berbasis android/ios sebagai pengganti
layanan menggunakan call center tersebut. Aplikasi Gojek sendiri menawarkan tiga layanan utama yaitu GoRide, GoSend, dan
GoMart
Seiring
berkembangnya waktu Gojek juga mengembangkan layanannya sehingga tidak terfokus pada jasa antar penumpang
menggunakan sepeda motor saja. saat ini Perusahaan tersebut telah melayani
dalam bidang angkutan, transportasi, akomodasi, pengantaran barang, pengantaran
makanan, bahkan pembayaran biaya rumah tangga. Hal ini tentu demi meningkatkan
layanan dan semakin mempermudah para penggunanya dalam melakukan berbagai
aktifitas yang berhubungan dengan transportasi. Berikut adalah beberapa layanan
yang tersedia pada Gojek
1.
GO-SEND
Merupakan layanan transportasi pengiriman barang berskala kecil yang berkomitmen
mengantar barang atau dokumen anda dengan lebih mudah dan cepat
2.
GO-BOX
Layanan transportasi pengantar barang berukuran besar.
3.
GO-RIDE
Layanan transportasi penumpang dengan kendaraan bermotor roda dua(sepeda motor)
4.
GO-CAR
Layanan transportasi penumpang dengan kedaraan bermotor roda empat(mobil)
5.
GO-FOOD
Layanan pemesanan makanan dengan perantara driver Gojek. Sistemnya ialah
pemesan hanya tinggal memilih makanan dari penjual makanan/restoran (yang sudah
bekerja sama dengan gojek) dan driver Gojek akan membeli lalu mengantarkannya
ke lokasi pemesan
6.
GO-CLEAN
Layanan kebersihan profesional berbasis aplikasi yang tersedia di Jabodetabek,
Medan,Bandung, Semarang, Surabaya, Bali,Balikpapan, Makassar, Mando
7.
GO-GLAM
Layanan kecantika yang menyediakan berbagai layanan masalah kecantikan
terbaik yang dapat membantu di berbagai momen acara penting atau bahkan
keseharian
8.
GO-MASSAGE
Layanan pijat panggilan yang tersedia dalam 24 jaM
9.
Go-NEARBY
Layanan direktori.
10.
GO-TIX
Layanan pemesanan tiket bisokop
11.
GO-AUTO
Layanan penyedia montir untuk perawatan kendaraan seperti cuci dan service
12.
GO-MED
Layanan pembelian emudahkan akses ke layanan berkualitas yang disediakan
oleh dokter asli dan lembaga kesehatan terpercaya bagi pengguna Gojek di
Indonesi
13.
GO-PULSA
Layanan pembelian yang memungkinkan
customer untuk melakukan isi ulang pulsa melalui saldo GO-PAY
14.
GO-SHOP
Layanan pembelian barang, sistem nya hampirr sama dengan layanan GO-FOOD,
hanya saja layanan ini begerak dibidang pemesanan barang bukan makanan
15.
GO-BLUEBIRD
Pada Mei 2016, Gojek mengumumkan kerjasama dengan perusahaan taksi Blue
Bird. Sehingga dengan fitur ini penumpang bisa memesan layanan transportasi
khusu menggunakan taksi Blue Bird dan tidak akan memndapatkan mitra lain
seperti ketika menggunakan layanan GO-CAR.
16.
GO-PAY
Sebelumnya dikenal dengan sebutan GO-WALLET merupakan Layanan dompet&pembayaran digital. Layanan ini tentu bisa digunakan untuk pembayaran transaksi yang berkaitan pada aplikasi GOJEK. Tidak hanya itu, layanan ini semakin berkembang sehingga bisa digunakan untuk transfer dana antar sesama pengguna GO-PAY, transfer antar bank, dan pembayaran lain yang telah berkerja sama dengan GOJEK. Seperti tokopedia, pembayaran layanan internet di berbagai aplikasi layanan provider internet(seperti contoh By U, My Telkomsel, XL ), dan pembayaran lainnya
Jangkauan operasional Gojek tersedia di banyak tempat dan wilayah mencakup lebih dari 50 kota yang tersebar di Indonesia. Bahkan jangkauannya sudah merambah ke wilayah di luar negara Indonesia. Seperti di negara tetangga Singapura. Lalu ada Go-Viet yang merupakan layanan Gojek di negara Vietnam dan GET yang merupakan layanan Gojek di Thailand
dalam menjalankan bisnisnya, Nadiem Makarim selaku pendiri Gojek berkali-kali menyampaikan dalam website resmi Gojek bahwa Gojek menjunjung tinggi 3 pilar utamanya. yaitu:
1.Speed (Kecepatan) Sebagai penyedia jasa layanan online, Gojek selalu berusaha untuk selalu dapat melayani dengan cepat dan tepat, mereka terus belajar dari pengalaman agar bisa terus berkembang. Apalagi untuk transportasi online, ini adalah strategi pemasaran online paling diutamakan oleh Go-Jek dalam memberi layanan ke pelanggan.
2.Innovation (Inovasi) Terus berinovasi dan menawarkan teknologi-teknologi terbaru untuk memudahkan pelanggannya, adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah sistem pembayaran non-tunai, bisa memesan makanan dan tiket nonton di Go-Jek dan masih banyak Inovasi lainnya yang ditawarkan. Terus berinovasi adalah salah satu strategi pemasaran online yang tidak boleh dilupakan
3. Social Impact (Dampak social)Gojek memiliki tujuan positif dalam menjalankan bisnis mereka yaitu dengan memberikan dampak positif sosial yang besar untuk masyarakat Indonesia.
Dapat dilihat dari semua layanan yang tersedia di atas menunjukkan bahwa layanan Gojek menjadi salah satu layanan jasa yang sangat amat membantu bagi aktifitas masyarakat khususnya dalam hal yang berkaitan transportasi. Mungkin sebagian orang akan bertanya bagaimana bisa seseoarng membuat aplikasi bagus dan multifugsi seperti ini?. Hal tersebut tidak lepas dari ikut andil sistem informasi manajemen dalam sistem yang dipakai Gojek. Contoh nya seperti office automation system, process control system, dan transaction processing system yang dapat memeperlancar proses bisnis dan operasionalnya ( proses transaksi, pengolahan data, pengendalian produksi, dan proses data elektronik). Sistem informasi manajemen amat sangat membantu dalam mempermudah proses playanan dan kontrol pada banyak kegiatan perusahaan
https://www.gojek.com/id-id/
https://www.viva.co.id/vstory/teknologi-vstory/1334341-sistem-informasi-manajemen-di-perusahaan-gojek?page=3&utm_medium=page-3
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
Komentar
Posting Komentar