Gojek, Salah Satu Manfaat Adanya Manajemen dan Layanan Sistem Informasi

Manajemen layanan sistem informasi adalah suatu metode pengolahan sistem  Teknologi Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manfaat dari manajemen layanan sistem informasi ialah Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi dan Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua

Gojek merupakan salah satu dari manajemen dan layanan sistem informasi. Gojek dikenal sebagai  perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa Ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Ojek (juga disebut ojeg) adalah transportasi umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpang. 

Awal mulanya Gojek resmi berdiri pada 13 oktober 2010 hanya dengan 20 orang sebagai drivernya. Kala itu, untuk menghubungkan antara penumpang dan pengemudi, Gojek hanya mengandalkan layanan call-center sebelum akhirnya pada 7 januari 2015 Gojek secara resmi meluncurkan aplikasi layanan nya berbasis android/ios sebagai pengganti layanan menggunakan call center tersebut. Aplikasi Gojek sendiri menawarkan  tiga layanan utama yaitu GoRide, GoSend, dan GoMart

Seiring berkembangnya waktu Gojek juga mengembangkan layanannya sehingga  tidak terfokus pada jasa antar penumpang menggunakan sepeda motor saja. saat ini Perusahaan tersebut telah melayani dalam bidang angkutan, transportasi, akomodasi, pengantaran barang, pengantaran makanan, bahkan pembayaran biaya rumah tangga. Hal ini tentu demi meningkatkan layanan dan semakin mempermudah para penggunanya dalam melakukan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan transportasi. Berikut adalah beberapa layanan yang tersedia pada Gojek

1.       GO-SEND

Merupakan layanan transportasi pengiriman barang berskala kecil yang berkomitmen mengantar barang atau dokumen anda dengan lebih mudah dan cepat

2.       GO-BOX

Layanan transportasi pengantar barang berukuran besar.

3.       GO-RIDE

Layanan transportasi penumpang dengan kendaraan bermotor roda dua(sepeda motor)

4.       GO-CAR

Layanan transportasi penumpang dengan kedaraan bermotor roda empat(mobil)

5.       GO-FOOD

Layanan pemesanan makanan dengan perantara driver Gojek. Sistemnya ialah pemesan hanya tinggal memilih makanan dari penjual makanan/restoran (yang sudah bekerja sama dengan gojek) dan driver Gojek akan membeli lalu mengantarkannya ke lokasi pemesan

6.       GO-CLEAN

Layanan kebersihan profesional berbasis aplikasi yang tersedia di Jabodetabek, Medan,Bandung, Semarang, Surabaya, Bali,Balikpapan, Makassar, Mando

7.       GO-GLAM

Layanan kecantika yang menyediakan berbagai layanan masalah kecantikan terbaik yang dapat membantu di berbagai momen acara penting atau bahkan keseharian

8.       GO-MASSAGE

Layanan pijat panggilan yang tersedia dalam 24 jaM

9.       Go-NEARBY

Layanan direktori.

10.   GO-TIX

Layanan pemesanan tiket bisokop

11.   GO-AUTO

Layanan penyedia montir untuk perawatan kendaraan seperti cuci dan service

12.   GO-MED

Layanan pembelian emudahkan akses ke layanan berkualitas yang disediakan oleh dokter asli dan lembaga kesehatan terpercaya bagi pengguna Gojek di Indonesi

13.   GO-PULSA

Layanan pembelian yang  memungkinkan customer untuk melakukan isi ulang pulsa melalui saldo GO-PAY

14.   GO-SHOP

Layanan pembelian barang, sistem nya hampirr sama dengan layanan GO-FOOD, hanya saja layanan ini begerak dibidang pemesanan barang bukan makanan

15.   GO-BLUEBIRD

Pada Mei 2016, Gojek mengumumkan kerjasama dengan perusahaan taksi Blue Bird. Sehingga dengan fitur ini penumpang bisa memesan layanan transportasi khusu menggunakan taksi Blue Bird dan tidak akan memndapatkan mitra lain seperti ketika menggunakan layanan GO-CAR.

16.   GO-PAY

Sebelumnya dikenal dengan sebutan GO-WALLET merupakan Layanan dompet&pembayaran digital. Layanan ini tentu bisa digunakan untuk pembayaran transaksi yang berkaitan pada aplikasi GOJEK. Tidak hanya itu, layanan ini semakin berkembang sehingga bisa digunakan untuk transfer dana antar sesama pengguna GO-PAY, transfer antar bank, dan pembayaran lain yang telah berkerja sama dengan GOJEK. Seperti tokopedia, pembayaran layanan internet di berbagai aplikasi layanan provider internet(seperti contoh By U, My Telkomsel, XL ), dan pembayaran lainnya


Jangkauan operasional Gojek tersedia di banyak tempat dan wilayah mencakup lebih dari 50 kota yang tersebar di Indonesia. Bahkan jangkauannya sudah merambah ke wilayah di luar negara Indonesia. Seperti di negara tetangga Singapura. Lalu ada Go-Viet yang merupakan layanan Gojek di negara Vietnam dan GET yang merupakan layanan Gojek di Thailand

dalam menjalankan bisnisnya, Nadiem Makarim selaku pendiri Gojek berkali-kali menyampaikan dalam website resmi Gojek bahwa Gojek menjunjung tinggi 3 pilar utamanya. yaitu:

1.Speed (Kecepatan) Sebagai penyedia jasa layanan online, Gojek selalu berusaha untuk selalu dapat melayani dengan cepat dan tepat, mereka terus belajar dari pengalaman agar bisa terus berkembang. Apalagi untuk transportasi online, ini adalah strategi pemasaran online paling diutamakan oleh Go-Jek dalam memberi layanan ke pelanggan.

2.Innovation (Inovasi) Terus berinovasi dan menawarkan teknologi-teknologi terbaru untuk memudahkan pelanggannya, adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah sistem pembayaran non-tunai, bisa memesan makanan dan tiket nonton di Go-Jek dan masih banyak Inovasi lainnya yang ditawarkan. Terus berinovasi adalah salah satu strategi pemasaran online yang tidak boleh dilupakan

3. Social Impact (Dampak social)Gojek memiliki tujuan positif dalam menjalankan bisnis mereka yaitu dengan memberikan dampak positif sosial yang besar untuk masyarakat Indonesia. 

Dapat dilihat dari semua layanan yang tersedia di atas menunjukkan bahwa layanan Gojek menjadi salah satu layanan jasa yang sangat amat membantu bagi aktifitas masyarakat khususnya dalam hal yang berkaitan transportasi. Mungkin sebagian orang akan bertanya bagaimana bisa seseoarng membuat aplikasi bagus dan multifugsi seperti ini?. Hal tersebut tidak lepas dari ikut andil sistem informasi manajemen dalam sistem yang dipakai Gojek. Contoh nya seperti office automation system, process control system, dan transaction processing system yang dapat memeperlancar proses bisnis dan operasionalnya ( proses transaksi, pengolahan data, pengendalian produksi, dan proses data elektronik). Sistem informasi manajemen amat sangat membantu dalam mempermudah proses playanan dan kontrol pada banyak kegiatan perusahaan



https://www.gojek.com/id-id/

https://www.viva.co.id/vstory/teknologi-vstory/1334341-sistem-informasi-manajemen-di-perusahaan-gojek?page=3&utm_medium=page-3

https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Dasar Sistem Operasi UNIX

Langkah Penerapan McDonald's Untuk Meningkatkan Pelayanan Sesuai dengan ISO 9001